Gurame Asam Manis

Kemarin pagi, setelah bergumul di kamar dengan buku resep dan Tab, mencari-cari masakan apa yang mau gw kerjakan. Teringat salah satu masakan mama yang paling aku suka, Gurame Asam Manis, maka gw memutuskan untuk ngabur ke pasar dan supermarket, ngincer bahan-bahan masakannya. Ini hasil googling gw:
Gurame Asam Manis


Bahan:
2 ekor ikan gurame, bersihkan
2 sdt air jeruk nipis
1 sdt garam
1 sdt lada
100 gr tepung maizena
minyak untuk menggoreng

Saus asam manis:
2 sdm minyak goreng
1 bh bawang bombai, iris kasar
3 siung bawang putih, cincang
100 gr wortel, iris bentuk korek api
100 gr saus tomat
50 gr saus cabai
½ sdt garam
½ sdt lada
1 sdt gula pasir
50 ml air
1 sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat:
1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis, garam, dan lada, aduk rata. Lumuri ikan dengan tepung maizena hingga rata.
2. Panaskan minyak, goreng ikan hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan.
3. Saus asam manis: panaskan minyak, tumis bawang bombai dan bawang putih sampai harum. Masukkan saus tomat, saus cabai, garam, lada, dan gula pasir, aduk rata.
4. Tambahkan wortel dan air. Masak sampai wortel layu, dan kentalkan dengan larutan tepung maizena. Angkat, sajikan ikan dengan sausnya.

So easy isn't it? Dengan semangat 45 dan kecerdasan tingkat tinggi, kmarin malam gw racik bumbu-bumbu yang akan gw gunakan pagi ini. Kenapa cerdas, karena gw ga sanggup bangun lebih pagi daripada jam 6, so better malam gw siapin bahan, pagi tinggal renggoreng, sakmasak deh ;) 
Status sebagai ibu rumah tangga dan wanita karir, membuat gw harus memutar otak untuk bisa membagi waktu dan menjaga kesehatan.

Hal  yang paling membahagiakan adalah.. saat masakan yg kita buat, dimakan orang rumah (sstt...termasuk mertuaku ^.^) Kalo suami sudah pasti, minta dibikin bekal :).
Seneng bisa memuaskan perutnya :D dan itu juga yang bikin gw nggak pernah merasa capek kalo bereksperimen di dapur. Love it so much! :*

Komentar

Workshop DIY Christmas Decoration